Selasa, 08 Juli 2014

Bismillah

Hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan aku mencoba untuk melihat sekitarku. Memikirkan apa yang akan aku lakukan? Beberapa bulan lagi aku akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Rasanya senang sekali dapat menuntut ilmu di jenjang yang lebih tinggi, terlebih aku bisa belajar hidup mandiri dengan menjadi seorang anak kost. Ahhhh! Tapi aku juga bukan seorang yang pandai bermandiri, di sisi lain aku juga ingin cepat masuk dunia kerja agar aku menjadi seorang manusia yang produktif dan dapat menjadi satu tumpuan untuk keluargaku.
            Tapi apakah aku siap menghadapi tantangan dunia? Apakah aku bisa survive di luar sana? Dan apakah aku bisa dan mampu mengemban tanggung jawab sebagai mahasiswa? Mungkin, kurang baik juga mempertanyakan itu semua tapi apakah jika aku tak bertanya pada diriku sekarang aku dapat menjamin keselamatanku nanti? Tapi di lain hati aku yakin jua akan lindungan yang pasti Allah berikan padaku.
            Dalam hidup ini, Tuhan telah menghadirkan hal baik dan hal buruk yang dapat kita lakukan ataupun yang dapat terjadi kepada kita. Tapi terkadang dalam alam bawah sadar kita membawa diri kita ke dalam dua kemungkinan itu. Maka dari itu aku juga harus berpikir hal baik agar alam bawah sadarku pun membawaku terbang kepada semua sesuatu hal yang baik bahkan yang terbaik dengan campur tangan Tuhan tentunya! Oh,. Ya Allah ya Tuhanku, tolong tuntun aku di jalanMu dan bimbing aku agar senantiasa terus taat kepadaMu.. Allahumma Aamiin…
            Sepertinya aku butuh pencerahan agar aku dapat menjadi seseorang yang lebih baik agar aku teguh pada pendirianku, istiqomah tetap dijalanNya dalam menjalankan semua ketentuanNya dalam drama kehidupan ini. Aku tau kapasitasku tapi di sisi lain aku juga tau kebutuhanku yang terkadang melebihi kapasitas yang ada. Di lain sisi juga aku tetap harus bersyukur dengan apa yang telah Allah beri padaku, selebihnya jika memang selisih antara kebutuhan dan kapasitasku jauh sekali ya berarti aku harus berusaha lebih agar aku bisa menutupi apa yang aku butuhkan.
            Aku sadar, kebutuhanku menuntut ilmu di jenjang yang lebih tinggi merupakan bagian terbesar dari mimpiku sedari dulu tapi terkadang kapasitas yang ada pada diriku memaksaku untuk lebih selektif dalam memilih apapun, termasuk pendidikan yang kelak akan memberikan warna terindah pada diriku. Aku juga sadar akan kapasitasku yang ya bisa dibilang pas-pasan. Tapi aku juga tetap bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan.
            Kesempatan yang ada di depan mataku sekarang itu berasal dari Tuhanku, Allah SWT yang telah memudahkan jalanKu di semester kemarin. Ya! Aku bersyukur atas semua itu, aku juga pasti akan berusaha lagi guna menghiasi anugerah yang telah Allah berikan padaku dengan taburan ikhtiar yang insyaAllah aku persembahkan lillahita’ala karena ibadah kepadaNya semata. Allah telah memberi semua yang aku butuhkan! Keluargaku sebagai tempat sandaranku pun sangat sadar akan pendidikan dan itu memang anugerah yang sangat besar dari Allah dan aku bersyukur atas itu dan memang sudah seharusnya aku bersyukur. Alhamdulillah!
            Sebentar lagi aku kuliah! Aku sangat bersemangat tentang hal itu, entah mengapa bagiku kuliah adalah hal wajib! Karena saat itulah puncak kita untuk menuntut ilmu dan bersiap-siap mengamalkannya di kehidupan bermasyarakat nanti. Siap tidak siap tapi insyaAllah aku siap untuk menuntut ilmu. Di jaman sekarang banyak sekali orang-orang yang hendak melanjutkan pendidikan seperti halnya aku karena kesadaran akan pendidikan di tengah masyarakat Indonesia saat ini memang sudah cukup tinggi, bayangkan! Ketika aku baca di Koran saja ada sekitar dua ribu sarjana yang sulit mencari kerja.
Meski dua ribu sarjana itu belum mendapat pekerjaan tapi setidaknya mereka sudah memperoleh gelar strata satu yang artinya itu banyak orang-orang yang telah mendapat pendidikan yang lebih tinggi meski mereka belum dapat mengamalkan ilmunya dalam konteks formal. Tapi berita tersebut tidak bisa dikatakan musibah sepenuhnya karena banyaknya sarjana yang adapun sudah menggambarkan bahwa kesadaran akan pendidikan di Negara kita sedang berkembang meski belum maksimal tapi aku juga yakin bahwa suatu saat nanti pasti akan berkembang dengan sempurna.
            Aku merenung, dalam renunganku aku juga bermimpi. Menjadi seorang mahasiswi di perguruan negeri tinggi impianku. Sungguh indahnya! Merangkai masa depan dengan satu impian dalam hati dan aku juga tak lupa berdo’a pada Tuhanku, Allah SWT. Agar aku dapat memperjuangkan dan mewujudkan mimpiku. Tuhan.. aku ingin kuliah, aku ingin menjadi seorang mahasiswi perguruan negeri impianku agar aku dapat mengabdi kepadaMu, pada negaraku dan pada kedua orang tuaku, Tuhan.. aku ingin menjadi seorang penabur ilmu setelah aku menuai ilmu diatas bumiMu dan atas bimbinganMu juga, Rabb.. jika Engkau izinkan aku menjadi seorang guru, aku mohon.. tetaplah membimbingku karena aku sangat butuh uluran tanganMu, sandaran kasihMu dan rasa sayangMu untuk menjadi seorang guru yang baik, aku ingin menebar manfaat untuk generasi mendatang pada Negaraku, Rabb… tetapi jika memang Engkau berkehendak lain, tolong damaikan hatiku dan jiwaku atas ketentuanMu. Yakinkan aku jika pilihanMu selalu yang terbaik untukku dengan kuasaMu agar aku dapat bersyukur terus menerus padaMu ya Tuhanku, ajari aku tuk senantiasa istiqomah bersyukur dijalanMu.. aamiin, Allahumma Aamiin…

            Aku yakin Tuhan pasti mendengar do’a yang senantiasa aku panjatkan kepadaNya. Aku juga sekarang sedang berjalan atas tuntunanNya dan juga yang terpenting adalah bahwasannya aku berjalan atas kekuatan yang telah Dia beri kepadaku dan dengan mengucapkan kalimat atas namaNya, Bismillahirrahmanirrahiim.. aku tekadkan diriku sekarang untuk berjuang meraih mimpiku, menuntut ilmu dengan semua daya dan upaya yang telah Tuhan berikan padaku dan atas apa yang telah Tuhan berikan juga padaku, semoga Allah juga mengizinkan aku untuk kuliah di perguruan negeri impianku dengan memudahkan langkahku untuk meraih mimpiku, ya! Semoga begitu adanya, aamiin aamiin aamiin Allahumma aamiin ya Rabbal’alaamiin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar